Minggu, 29 Maret 2009

Samarinda

Samarinda merupakan Ibukota Provinsi Kalimantan Timur. Kota ini memiliki luas wilayah sekitar 718 km2 dengan penduduk dari bermacam-macam etnis (Banjar, bugis, tionghoa, jawa, dll). Kota yang hari jadinya ditetapkan tanggal 21 Januari 1668 ini dapat ditempuh dengan menggunakan jalan darat, laut dan udara melalui Kota Balikpapan sekitar 2 jam perjalanan darat dan 15 menit perjalanan udara. Maklum kondisi bandara Temindung yang berada di Kota Samarinda belum cukup memadahi untuk didarati pesawat besar.

Asal mulanya diberi nama "Samarinda" disinyalir dari kata "samarenda" yaitu kata 'sama' dan 'rendah' yang melambangkan tidak ada perbedaan antara bangsawan dan rakyat jelata. Semua sama derajatnya antara bangsawan yang bermukim sekitar muara sungai mahakam dengan rakyat jelata yang bermukim di daratan dengan topografi 'rendah'.

Ramainya kota ini karena bermukimnya orang Bugis Wajo(Bangsawan) dari kerajaan Gowa yang menyingkir ke Kalimantan karena tidak mau bekerja sama dengan penjajah Belanda waktu itu. disamping itu Kerajaan Kutai juga tidak tidak mau tunduk atas kepentingan Belanda dan merasa senang dengan kedatangan orang-orang Bugis tersebut, yang kemudian saling membantu dalam menghadapi penjajah Belanda.

Kota samarinda terdiri dari 6 kecamatan yaitu Samarinda Utara, Samarinda Ulu, Samarinda Ilir, Palaran, Sei Kunjang, dan Samarinda Seberang. Dengan sungai Mahakam yang membelah kota menjadikan Samarinda terlihat sangat indah.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Hishnun lebih mirip siapa?